Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com


Tips Cara Mudah Bagaimana Membuat Menyeduh Kopi Hitam Bubuk yang Enak

Blog.hakameru.com - Tentu kopi sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun bagaimanakah cara membuat secangkir kopi hitam bubuk yang enak dan nikmat?

Belum tentu semua orang tahu cara menyeduh kopi hitam. Tehnik ini bukanlah teknik menyeduh profesional ala barista mahir tetapi bagaimana cara membuat kopi yang diseduh nantinya menjadi seperti ada busa coklat pada bagian atas permukaan air kopinya.

Cara atau langkah menyeduh kopi hitam

Bagaimana cara melakukannya, gampang atau susah? Sebenarnya sulit gak sih? Blog.hakameru.com akan menjabarkannya secara sederhana di bawah ini.

1. Siapkan cangkir atau gelas

Siapkan cangkir atau gelas yang tebal. Mengapa gelas diperlukan yang tebal? Air yang digunakan nanitnya adalah air mendidih atau panas. Jika gelas kaca tipis dikhawatirkan akan membuat gelas retak atau pecah saat terkena air panas.

Tips cara bagaimana membuat menyeduh kopi hitam bubuk agar enak dan nikmat dengan mudah dan gampang - Blog.hakameru.com
Tips cara bagaimana membuat menyeduh kopi hitam bubuk agar enak dan nikmat dengan mudah dan gampang - Blog.hakameru.com


2. Tuang gula pasir

Tuang gula pasir secukupnya yang banyak dan sedikitnya gula dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Jika tidak menyukai gula pasir yaitu kopi tanpa gula, abaikan. Tidak perlu memasukkan gula pasir.

3. Tuangkan bubuk kopi hitam

Berapa banyak bubuk kopi yang diperlukan? Ini juga kembali pada selera masing-masing. Namun disarankan jumlah takaran antara gula pasir dan kopi bubuk adalah:
1 sendok teh gula pasir, 2 sendok makan penuh kopi bubuk


Disarankan lebih banyak jumlah kopi karena untuk membuat kopi berbusa. Sampai pada tahap ini, jangan aduk gula pasir dan kopi yang ada pada cangkir atau gelas tersebut.

4. Tuangkan air panas

Usahakan air yang digunakan adalah air mendidih. Jika tidak ada dapat menggunakan air yang memang panas.

Berapa takaran air yang diperlukan untuk membuat kopi? Air yang digunakan jangan terlalu banyak karena jika air terlalu banyak maka kopi tidak akan berbusa sebab kopinya menjadi terlalu encer.

5. Tunggu 3 sampai 4 menit baru diaduk

Setelah air panas dituangkan ke gelas atau cangkir, kopi jangan langsung diaduk. Tunggu kira-kira 3 atau 4 menit baru aduk kopi tersebut.

Selesai, kopi siap dinikmati.

Apa tujuan dari gula diletakkan didasar gelas kemudian setelah itu kopi bubuk diletakkan di atas gula lalu baru air panas yang dituangkan?

Gula diletakkan pada dasar gelas dan kopi pada bagian atas gula adalah agar yang tersiram oleh air panas terlebih dahulu adalah kopinya bukan gulanya.

Tujuannya adalah mematangkan kopi dengan air panas dan bukan mematangkan gulanya.

Setelah menunggu kurang lebih 3-4 menit kopi baru diaduk maka permukaan kopi akan menjadi sedikit berbusa.


Dukung website Blog.hakameru.com ini dalam membuat artikel bermanfaat. Donasi dapat diberikan melalui scan QRIS di bawah ini. Terima kasih






Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id

Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com