Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id

6 Tips Membuat Spanduk Serta Pengertian Dan Manfaat Dari Spanduk

Blog.hakameru.com - Spanduk atau yang juga dikenal dengan sebutan banner, lazim digunakan untuk sarana komunikasi menyampaikan pesan baik di area ruang terbuka (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor).

Pengertian Spanduk
Spanduk adalah sebuah media penyampaian informasi berupa kain panjang yang dibentangkan (namun belakangan ini bahan spanduk biasanya kebanyakan menggunakan bahan flexi dsb) berisi informasi yang terdiri dari teks, slogan, logo, foto atau gambar, tentang suatu produk, jasa, himbauan layanan masyarakat, ataupun informasi lainnya.

Manfaat dan kegunaan spanduk

1. Sebagai media promosi
Spanduk dapat digunakan untuk menginfokan promo atau diskon yang akan atau sedang berlangsung dari sebuah produk, merek atau jasa.

2. Sebagai media informasi dan sosialisasi

Spanduk dapat dipakai untuk menyampaikan info seperti penyuluhan atau agenda kegiatan lainnya.

3. Sebagai bagian dari kelengkapan acara

Spanduk dapat digunakan sebagai bagaian dari sebuah event seperti acara ulang tahun, pernikahan, reuni, bazar, kegiatan amal, dan lainnya.

4. Sebagai penanda tempat

Spanduk juga berfungsi sebagai penanda tempat seperti peletakan spanduk yang berisi alamat toko pada bagian depan toko dan lain sebagainya.

Pengertian spanduk manfaat spanduk tips membuat spanduk - Blog.hakameru.com
Pengertian spanduk manfaat spanduk tips membuat spanduk - Blog.hakameru.com

Tips membuat spanduk

Banyak spanduk yang kita lihat di berbagai tempat namun terkadang ada beberapa spanduk yang jika kita amati, isi spanduk yang dibuat tersebut tidak memperhatikan atau melupakan hal yang penting.

Pada bahasan kali ini Blog.hakameru.com akan menjabarkan poin apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat spanduk (bukan penjabaran langkah demi langkah membuat spanduk dengan menggunakan software desain atau aplikasi desain).

1. Desain spanduk

Buatlah desain spanduk yang menarik. Dengan desain spanduk yang menarik tentu akan menarik perhatian orang untuk melihatnya.

Awalnya dari melihat desain spanduk yang menarik maka orang yang melihatnya akan tertarik dan akan lanjut membaca apa isi atau informasi yang ada di dalam spanduk tersebut.

2. Ukuran spanduk

Besar kecilnya ukuran spanduk hendaknya disesuaikan dengan space atau tempat dimana spanduk itu akan ditempatkan atau dipasang.

Sebaiknya ukur terlebih dahulu berapa centimeter atau berapa meter ruang yang dapat ditempati oleh spanduk dan sebaiknya jangan berdasarkan perkiraan sehingga dapat terhindar dari spanduk yang dicetak terlalu kecil atau spanduk terlalu besar.

3. Ukuran font

Ini menjadi kendala ketika spanduk akan diletakkan di luar ruang yang memiliki lalu-lintas cepat karena para audience atau pembaca tidak akan sempat membaca secara utuh informasi yang ada di dalam spanduk dengan detail.

Besar kecilnya ukuran teks sebaiknya disesuaikan dengan tujuan di manakah spanduk nantinya ini akan ditempatkan. Gunakan kalimat yang singkat padat dan jelas agar informasi yang ada pada spanduk dapat dikomunikasikan dengan baik pada orang yang melihatnya.

Berbeda jika spanduk akan ditempatkan di dalam ruangan di mana pembaca akan dapat membaca keseluruhan isi spanduk tanpa khawatir akan segera bergegas pergi.

4. Kepadatan materi

Walaupun ukuran spanduk terbilang besar sebagai media informasi, sebaiknya banyaknya informasi yang akan disampaikan hendaknya diringkas (foto, logo dan lainnya disesuaikan) agar secara keseluruhan tidak terlalu memenuhi spanduk yang nantinya akan melelahkan atau membingungkan para pembaca.

Jikapun ada hal yang lebih mendetail yang akan disampaikan dan tidak dapat dimuat dalam spanduk maka dapat mencantumkan dalam spanduk tersebut alamat website atau blog dan nantinya pembaca akan menuju ke alamat website atau blog tersebut untuk melanjutkan membaca informasi.yang lebih panjang dan lebih detail.

5. Jenis huruf

Pemilihan huruf untuk spanduk hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Idealnya gunakan huruf yang jelas tidak menggunakan huruf latin yang berukir. Namun ini juga kembali kepada kebutuhan.

Tujuan penggunaan jenis huruf pada spanduk adalah agar informasi yang akan disampaikan cepat diterima oleh pembaca.

Contoh jika akan diberikan infomasi mengenai adanya bahaya maka buatlah spanduk dengan huruf yang tegas dan jelas, bukan dengan huruf latin berukir.

Sebaiknya usahakan memilih dan menggunakan huruf yang sifatnya gratis untuk keperluan personal atau komersial. Huruf tersebut dapat didownload di internet dengan menggunakan kata kunci "free font for commercial use".

6. Foto untuk spanduk

Jika ingin menggunakan foto di dalam spanduk pilihlah foto yang tidak blur atau pecah karena akan mempengaruhi hasil kualitas cetak spanduk nantinya. Misalkan jika fotonya pecah maka hasil cetak foto di spanduknya juga akan pecah atau blur. 

Foto yang digunakan tidak harus beresolusi besar atau berukuran file besar asal dilihat aman dan tidak blur atau pecah file foto tersebut dapat digunakan (tetapi lebih aman disarankan menggunakan file yang beresolusi tinggi dan berukuran file besar untuk mendapatkan kualitas cetak foto di spanduk yang lebih baik).
Dukung Blog.hakameru.com dalam membuat artikel atau konten yang bermanfaat dengan mengklik tombol di bawah ini. Terima kasih
Beri donasi atau traktiran via sociabuzz