Mitos atau Fakta Konsumsi Kecap Manis Dapat Memicu Penyakit Darah Tinggi?



Blog.hakameru.com – Kecap manis menjadi salah satu bahan pilihan dalam membuat menu masakan misalnya digunakan sebagai bumbu tambahan pada ayam bakar, semur, sate, nasi goreng, orek tempe, tonseng, mie goreng, hingga ayam kecap.

Kecap manis juga digunakan sebagai bahan tambahan untuk penambah rasa manis seperti pada ketoprak, bakso, mie ayam, batagor, somay, soto, pecel ayam, dan menu makanan lainnya.

Namun ternyata jika kecap manis sering dikonsumsi dapat membahayakan kesehatan dan dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi loh?.

Mitos yang salah atau memang benar fakta konsumsi kecap manis dapat picu penyakit darah tinggi hipertensi – Blog.hakameru.com

Apa kaitannya antara kecap manis dengan hipertensi? Apakah kecap manis dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan?

Mitos yang salah atau memang benar fakta jika mengonsumsi kecap manis dapat memicu timbulnya penyakit darah tinggi atau hipertensi?

Hubungan antara kecap manis dengan tekanan darah tinggi

Sobat Blog.hakameru.com, dalam proses pembuatan kecap manis diperlukan garam sebagai bahan fermentasi kedelai.

Oleh sebab itu tidak mengherankan jika ternyata dibalik rasa manisnya ada garam yang tersembunyi.

Banyaknya kadar natrium atau sodium (yang kita kenal dengan sebutan garam) pada kecap manis terbilang cukup tinggi sebab dalam satu takaran per satu sendok makan kecap manis mengandung kurang lebih sekitar 698 mg natrium.

Jumlah kandungan garam pada kecap manis biasanya tercantum pada tabel gizi yang ada pada kemasan produk kecap manis.

Jika garam yang tinggi pada kecap manis dikonsumsi dalam jumlah besar dan terus-menerus tentu dapat mengakibatkan dampak yang serius pada kesehatan seperti dapat menyebabkan darah tinggi yang dalam tahap lanjutnya dapat juga berimbas pada penurunan fungsi ginjal, gagal ginjal, bahkan stroke.

Dari dampak yang ditimbulkan, maka adanya tekanan darah tinggi akibat sering atau terlalu banyak mengkonsumsi kecap manis adalah fakta.

Bagi yang mengalami hipertensi tentu kecap manis ini wajib dihindari penggunaannya dalam makanan dan bagi orang yang dalam keadaan sehat tidak terdeteksi darah tinggi konsumsi kecap manis sebaiknya dibatasi agar tidak memicu timbulnya tekanan darah tinggi.

Asupan garam perlu dibatasi bukan dihentikan sama sekali sebab jika asupan garam dihentikan akan menimbulkan efek kesehatan lainnya.

Bagaimanapun tubuh tetap memerlukan garam sebagai kebutuhan nutrisi namun jika kelebihan garam maka akan menimbulkan masalah kesehatan karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik.

Berapa banyak sebaiknya garam atau kecap manis yang boleh dan dapat dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau apakah ada keinginan beralih menggunakan kecap rendah natrium, untuk hal tersebut Blog.hakameru.com menyarankan sebaiknya dikonsultasikan pada dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.