Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com


Barcode Apa yang Dipakai di Carrefour dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Blog.hakameru.com - Anda memiliki usaha produk makanan, minuman atau produk lain untuk dijual di Carrefour lalu Anda sudah mendapat nomer barcodenya dari pihak Carrefour dan Anda ingin membuat atau mencetak barcode tersebut untuk diletakkan dalam desain kemasan?

Atau Anda seorang desainer grafis yang mendapat pesanan dari klien untuk membuat barcode dari Carrefour yang akan dimasukkan ke dalam desain kemasan klien Anda?

Tentu pertanyaan yang muncul, barcode jenis apa yang dipakai di Carrefour? Apa nama tipe barcode yang digunakan di Carrefour tersebut dan bagaimana cara membuatnya?

Pada artikel ini Blog.hakameru.com akan membahas mengenai cara membuat barcode Carrefour.
Nama jenis tipe barcode yang dipakai digunakan Carrefour - Blog.hakameru.com
Barcode yang dipakai atau digunakan Carrefour - Blog.hakameru.com

Jenis atau macam barcode

Barcode begitu banyak sekali macamnya. Beberapa di antaranya:
  • Linear Codes
  • Postal Codes
  • GS1 DataBar
  • EAN / UPC
  • 2D Codes
  • GS1 2D Barcodes
  • Banking and Payments
  • Mobile Tagging
  • Healthcare Codes
  • ISBN Codes
  • Business Cards
  • Event Barcodes
  • Wi-Fi Barcodes
Dari semua tipe barcode di atas, manakah yang digunakan oleh Carrefour?

Tipe barcode yang dipakai oleh Carrefour

Carrefour menggunakan barcode dengan tipe atau jenis EAN / UPC. Lebih detailnya Carrefour menggunakan barcode jenis EAN-13. Barcode tersebut memiliki 13 digit angka atau nomor.
Jenis tipe barcode Carrefour - Blog.hakameru.com
Contoh jenis barcode yang dipakai dan digunakan oleh Carrefour - Blog.hakameru.com

Cara atau langkah membuat barcodenya

  1. Untuk membuat barcodenya Anda dapat menggunakan Generate Free Barcodes Online yang banyak tersedia di internet
  2. Pilih barcode yang bertipe EAN-13
  3. Masukkan atau ketik 13 nomor atau angka yang sudah diberikan oleh pihak Carrefour
  4. Pilih Generate atau Buat
  5. Setelah angka tadi muncul berupa barcode lalu pilih save atau download
  6. Selesai

Hal yang sebaiknya diperhatikan dalam membuat barcode Carrefour

Untuk ukuran barcode (dimensinya) sebaiknya tanyakan dahulu pada pihak Carrefour berapa x berapa centimeternya.

Ada persyaratan dari pihak Carrefour yang mensyaratkan ukuran dimensi barcode peletakannya harus dalam posisi vertikal supaya memudahkan kasir saat menscan barcodenya.

Mengapa dalam posisi vertikal? Tentu tiap produk berbeda-beda penempatan barcodenya tergantung pada bentuk kemasan. Posisi vertikal dikhususkan untuk kemasan yang sulit di scan seperti kemasan botol kecil minuman di mana jika barcode diletakkan dalam posisi mendatar atau horizontal maka area scan menjadi tidak rata alias terlalu melengkung.

Jika area scan terlalu melengkung tentu proses scan menjadi lebih sulit yang akan mengakibatkan gagal scan. Berbeda jika letak barcodenya vertikal maka area scan lebih rata atau datar sehingga proses scan barcode menjadi lebih lancar.

Cek lisensi di website penyedia layanan pembuatan barcode online apakah diizinkan untuk keperluan komersial atau harus menggunakan izin atau berbayar terlebih dahulu. Jika berbayar dan ingin yang free bisa dicoba untuk mencari layanan di website penyedia pembuatan barcode online lainnya. Selain di website, tersedia juga layanan serupa di aplikasi android (jangan lupa cek juga terlebih dahulu lisensi penggunaannya).

Dalam mendownload filenya, sebaiknya pilih gambar/file vector (jika ada). File vector biasanya tersedia dalam format file .svg atau .eps. File ini sangat berguna bagi desainer karena file ini dapat dibesarkan dalam ukuran berapapun besarnya tanpa khawatir nanti pecah atau blur saat dicetak. File vector ini tidak bisa dibuka atau dilihat di handphone atau gadget, harus menggunakan software desain.

Jika Anda tidak ingin menggunakan file vector, biasanya saat download barcode tersedia pilihan tipe format file lainnya seperti .gif, .png, atau .jpg. File tipe ini dapat dibuka atau dilihat di hp namun kekurangannya adalah ukurannya terbatas dimensinya (jika dibesarkan akan blur saat dicetak kecuali ada fitur khusus untuk menyeting ukuran barcode saat akan didownload, pilih yang ukuran besar saja karena jika ukuran gambar besar tidak masalah dikecilkan namun jika Anda mendownload gambar yang kecil maka ketika gambar dibesarkan gambar tersebut akan blur). 

Apakah ukuran download yang kecil akan membuat hasil cetak pecah atau blur? Untuk memastikannya bisa dites cetak terlebih dahulu.


Dukung website Blog.hakameru.com ini dalam membuat artikel bermanfaat. Donasi dapat diberikan melalui scan QRIS di bawah ini. Terima kasih






Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id

Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com