Blog dari Hakameru.com berisi Informasi & Artikel Bermanfaat

Tips/cara membuat spanduk - Pengertian spanduk - Manfaat spanduk



Pengertian spanduk manfaat spanduk tips membuat spanduk

Pengertian Spanduk

Spanduk adalah sebuah media penyampaian informasi yang biasanya berupa kain panjang (namun belakangan ini bahan spanduk biasanya kebanyakan menggunakan bahan flexi) yang dibentangkan yang berisi informasi berupa teks, logo, foto dan gambar, tentang suatu produk, jasa atau himbauan layanan masyarakat.

Manfaat Spanduk

Spanduk digunakan sebagai media penerangan/penyampaian informasi baik di luar ruang maupun dalam ruang. Ukuran spanduk bervariasi tergantung pada kebutuhan. Spanduk dipilih oleh para penyampai pesan karena selain harga cetaknya yang terjangkau juga karena spanduk memiliki ruang yang luas untuk informasi yang akan disampaikan.

Tips membuat spanduk / cara membuat spanduk yang perlu diperhatikan  

Banyak spanduk yang kita lihat di berbagai tempat namun terkadang ada beberapa spanduk yang jika kita amati, isi spanduk yang dibuat tersebut tidak memperhatikan atau melupakan hal penting berikut ini:

(Di sini akan dijabarkan poin apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat spanduk, bukan penjabaran langkah demi langkah membuat spanduk dengan menggunakan software desain)

1. Desain spanduk

Desain spanduk yang menarik tentu akan menarik perhatian orang untuk melihatnya. Awalnya dari melihat desain spanduk maka orang lantas akan membaca apa isi atau informasi yang ada di dalam spanduk tersebut

2. Ukuran spanduk

Besar kecilnya ukuran spanduk hendaknya disesuaikan dengan space atau tempat dimana spanduk akan di tempatkan sehingga tidak akan terjadi hal seperti spanduk terlalu kecil atau spanduk terlalu besar

3. Tulisan spanduk terlalu kecil

Ini menjadi kendala ketika spanduk akan diletakkan di luar ruang yang memiliki lalu-lintas cepat karena para audience/pembaca tidak akan sempat membaca informasi yang ada di dalam spanduk secara detail. Jadi besar kecilnya ukuran teks sebaiknya disesuaikan dengan tujuan di manakah spanduknya nantinya ini akan ditempatkan. Berbeda jika spanduk akan ditempatkan di dalam ruangan dimana pembaca akan dapat membaca keseluruhan isi spanduk tanpa khawatir akan bergegas pergi.

4. Desain spanduk terlalu padat

Walaupun ukuran spanduk terbilang besar sebagai media informasi, banyaknya informasi yang akan disampaikan hendaknya diringkas agar kalimat-kalimat tersebut tidak memenuhi spanduk yang nantinya akan melelahkan mata pembaca. Jikapun ada hal yang lebih mendetail yang akan disampaikan maka anda dapat mencantumkan dalam spanduk tersebut alamat website atau blog anda karena di website atau blog tersebut anda dapat memberikan keterangan yang lebih mendetail.

5. Jenis huruf spanduk

Pemilihan huruf untuk spanduk hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Idealnya gunakan huruf yang jelas (tidak menggunakan huruf latin yang berukir - namun ini kembali kepada kebutuhan) agar informasi yang akan disampaikan cepat di terima oleh pembaca. (Sebaiknya dan usahakan pilihlah atau gunakan huruf yang sifatnya gratis untuk keperluan personal atau komersial. Anda dapat mendownloadnya di internet dengan menggunakan kata kunci "free font for commercial use")

6. Foto untuk spanduk

Jika ingin menggunakan foto di dalam spanduk anda maka pilihlah foto yang beresolusi besar agar tidak pecah atau blur hasilnya ketika spanduk dicetak. Besarnya resolusi foto ditentukan kembali oleh ukuran spanduk yang akan digunakan. Lebih besar resolusi fotonya maka lebih baik. (Sebaiknya dan usahakan gunakan foto atau gambar orisinil untuk spanduk anda)







0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Dilarang berpromosi mengenai judi, p*rno, obat kuat atau yang bersifat meresahkan dan diharap tidak memuat link aktif

Translate

Artikel Lainnya

Follow by Email