Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com


Laptop Fanless, Apa Kelebihan dan Kekurangannya Tanpa Kipas Pendingin?

Blog.hakameru.com - Dengan hadirnya prosesor dengan TDP kecil, pabrikan laptop mulai membuat dan mengeluarkan laptop fanless.

TDP (Thermal Design Power) adalah ukuran daya dalam satuan watt yang diperlukan prosesor untuk menghasilkan panas saat beroperasi di mana semakin rendah watt TDP semakin sedikit pula panas yang dihasilkan oleh prosesor.

Sedangkan laptop fanless adalah laptop yang tidak memiliki kipas pendingin seperti laptop pada umumnya.

Plus minus kelebihan kekurangan keunggulan kelemahan laptop tanpa kipas laptop fanless - Blog.hakameru.com
Laptop tanpa kipas atau laptop fanless apa saja kekurangan dan kelebihannya? - Blog.hakameru.com


Pendinginan suhu laptop tanpa kipas tersebut mengandalkan pendinginan pasif yang dioptimalkan untuk menjaga suhu laptop tetap terkendali.

Hadirnya laptop fanless tentu menjadi permasalahan tersendiri ketika hendak memutuskan membeli laptop apakah membeli laptop konvensional ataukah membeli laptop fanless tanpa kipas. Apa pertimbangannya?

Keunggulan laptop fanless

Poin plus laptop fanless akan dijabarkan Blog.hakameru.com di bawah ini.

1. Tahan lama

Laptop fanless tanpa kipas lebih kuat ketahanannya.

Hal tersebut disebabkan laptop fanless tidak akan menemui masalah kipas rusak atau mati.

Pada laptop konvensional jika kipas rusak atau mati maka akan mempengaruhi kinerja laptop karena suhu yang meningkat hingga overheat.

2. Tanpa debu

Laptop konvensional yang memiliki kipas tentu dalam sirkulasi udaranya akan menyebabkan debu menumpuk di bagian dalam bodi laptop.

Hal ini tidak akan terjadi pada laptop fanless karena tidak adanya sirkulasi udara yang digerakkan oleh kipas.

Jika pun di laptop fanless terdapat debu tentu tidak sebanyak debu di laptop biasa atau konvensional dengan kipas.

3. Hening

Nilai plus dari laptop tanpa kipas adalah senyap alias tidak ada suara kipas sama sekali.

Pada laptop dengan kipas, masih terdengar suara putaran kipas walaupun suaranya terbilang kecil atau bahkan hampir tidak ada suaranya.

Terlebih pada laptop yang memiliki fitur kipas otomatis di mana saat kinerja laptop tinggi otomatis panas yang dihasilkan juga makin tinggi yang membuat kipas berputar makin cepat.

Putaran kipas yang demikian tinggi akan menimbulkan suara yang agak bising.

4. Tipis

Keunggulan laptop tanpa kipas selanjutnya adalah kerampingan laptop.

Dengan absennya kipas di laptop maka ketebalan laptop bisa dipangkas sehingga desain laptop bisa menjadi lebih ramping atau slim.

5. Ringan

Berat laptop dapat berkurang dengan tidak adanya kipas.

Memang tidak seberapa berat yang berkurang namun secara berat keseluruhan tentu dengan tidak adanya kipas di laptop akan membuat berat laptop menjadi lebih ringan.

6. Mobilitas tinggi

Laptop memang dibuat untuk memudahkan mobilitas kerja. Dengan desain laptop fanless yang ringan dan tipis tentu akan makin memudahkan mobilitas pengguna laptop.

7. Daya rendah

Karena laptop fanless tidak memiliki kipas pendingin maka laptop tersebut memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan laptop yang dilengkapi dengan kipas.

Dengan demikian pengguna laptop fanless tidak terlalu sering perlu mengisi daya baterai dan dapat mengurangi ketergantungan pada sumber daya listrik.

Kelemahan laptop tanpa kipas

Blog.hakameru.com juga akan menjabarkan minus dari laptop fanless di bawah ini.

1. Performa terbatas

Kelemahan laptop tanpa kipas adalah keterbatasan kemampuannya dalam menjalankan pekerjaan yang menggunakan aplikasi-aplikasi berat di mana dalam menjalankan aplikasi berat tentu akan membuat suhu laptop fanless cepat naik atau cepat panas.

2. Mudah panas

Karena laptop fanless adalah laptop tanpa kipas atau fan tentu suhu laptop mudah menjadi panas walau kadang hanya menjalankan aplikasi yang terbilang ringan.

3. Selektif memilih tempat pengoperasian

Sangat disarankan pengguna laptop fanless menjalankan laptopnya di ruangan atau di tempat yang suhunya masih terbilang normal.

Jika membuka laptop di tempat atau di ruangan yang terbilang agak panas atau yang dapat membuat gerah tentu akan berdampak pada mudahnya suhu laptop naik menjadi panas.

Kesimpulan

Saat ini laptop fanless digadang-gadang merupakan cikal bakal laptop masa depan.

Apakah panas di laptop tanpa kipas itu wajar? Panas di laptop fanless masih terbilang wajar jika tidak membuat tangan perih saat dilakukan pengecekan panas di bodi laptop.

Para produsen laptop sebelum mengeluarkan produk laptop fanless tentu sudah mengetesnya sebelum laptop diluncurkan ke pasar.

Pertimbangan apakah ingin membeli laptop biasa dengan kipas atau ingin membeli laptop fanless tentu kembali kepada pilihan konsumen.

Baiknya sebelum membeli tanyakan pada penjual apakah laptop yang dijual memakai kipas atau fanless tanpa kipas karena dalam deskripsi produk ada penjual yang tidak mencantumkan informasi bahwa laptop yang dijual merupakan laptop fanless.

Bukan tidak mungkin di masa depan laptop dengan spesifikasi tinggi juga tidak lagi menggunakan kipas atau fan dengan adanya perkembangan chip prosesor yang makin kecil fabrikasi nanometernya dan makin hemat daya.


Dukung website Blog.hakameru.com ini dalam membuat artikel bermanfaat. Donasi dapat diberikan melalui scan QRIS di bawah ini. Terima kasih






Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id

Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com