Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com


Apakah Benar Baiknya Jangan Minum Saat Makan, Bagaimana Caranya?

Blog.hakameru.com - Makan dan minum adalah kegiatan untuk memenuhi asupan gizi bagi tubuh. Biasanya minum pada saat makan lumrah dilakukan.

Berbeda individu berbeda pula kebiasaan minum pada saat makan. Ada yang kerap minum saat makan, ada pula yang banyak minum di akhir makan.

Makan jangan sambil minum - Blog.hakameru.com
Selagi makan apakah sebaiknya jangan sambil minum - Blog.hakameru.com
Minum pada saat makan menurut para ahli kesehatan kurang baik bagi tubuh karena berhubungan dengan kemampuan tubuh dalam mencerna makanan yang masuk. Mengapa demikian?

Saat sedang makan, makanan yang masuk akan ditampung di lambung dan akan langsung di hancurkan oleh asam lambung agar mudah diserap oleh tubuh nantinya.

Jika saat asam lambung bekerja mengurai makanan lalu ditengah aktifitas itu masuk air minum maka asam lambung akan tercampur dengan air minum di mana hal tersebut akan membuat asam lambung menjadi encer dan membuat makanan akan butuh waktu lebih lama untuk dicerna.

Jika makin banyak air minum yang masuk maka makin lama pula proses pencernaan makanan selesai.

Ada pendapat dari ahli lainnya yang menyatakan bahwa saat air masuk ke lambung maka tubuh akan mengeluarkan asam lambung lebih banyak yang mana itu akan memperburuk keadaan lambung karena bertambah banyaknya jumlah asam lambung pada lambung.

Minum pada saat makan

Bagaimana cara minum pada saat makan?

1. Minum 10-15 menit sebelum makan

Sebaiknya minum dahulu 10 atau 15 menit sebelum makan selain untuk membasahkan saluran makan juga untuk persiapan makan.

2. Hindari minum saat makan

Pada saat makan jangan minum kecuali seret atau ada keadaan genting seperti memakan makanan pedas atau lainnya.

Untuk dapat menghindari minum pada saat makan usahakan kunyah makanan dengan halus dan jangan terburu-buru saat makan agar tidak perlu minum air selama makan.

3. Minum 30 menit setelah makan

Setelah selesai makan, tunggu sekitar 30 menit untuk minum air.

Namun, dari penelurusan Blog.hakameru.com, ada juga para ahli yang kurang sependapat dengan metode ini.

Ada yang mengatakan jangan minum sebelum makan dan ada pula yang berpendapat minum saat makan tidak mempengaruhi cairan pada lambung karena lambung memiliki sistem otomatis yang dapat memisahkan cairan.

Dari pendapat ahli lain juga ada yang mengatakan minum air putih sebelum makan akan membuat perut lebih cepat kenyang yang membuat nafsu makan dapat ditekan sehingga baik untuk penderita diabetes.

Metode yang mana yang lebih tepat untuk diterapkan pada tiap orang?

Lebih baik dan tidak ada salahnya hal ini dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.


Dukung website Blog.hakameru.com ini dalam membuat artikel bermanfaat. Donasi dapat diberikan melalui scan QRIS di bawah ini. Terima kasih






Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id

Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com