Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com


10 Macam Alasan Kenapa Orang Suka Menggunakan Masker

Blog.hakameru.com - Saat tengah berada di keramaian tentu pernah kita jumpai ada orang yang menggunakan masker seperti di terminal, di stasiun, di pasar, di mall, atau di tempat-tempat lainnya.

Baik pria atau wanita ada yang menggunakannya. Lalu kenapa ada saja orang yang pakai masker?

Alasan orang pakai masker - Blog.hakameru.com
Alasan orang pakai masker - Blog.hakameru.com


Kira-kira apa ya alasan orang menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari, apakah murni hanya dari segi kesehatan atau adakah faktor lainnya?

Alasan orang memakai masker

Berikut ini Blog.hakameru.com uraikan beberapa alasan mengapa orang suka memakai masker dalam rutinitasnya.

1. Tidak percaya diri

Orang yang memiliki rasa kurang percaya diri atau minder salah satu cara mengatasinya bisa dilakukan dengan cara menutup wajah dengan masker.

Memakai masker karena tidak percaya diri misalnya
  • Wajahnya sedang ada jerawat
  • Belum sempat menggunakan make up
  • Memiliki sifat pemalu


2. Agar terhindar dari polusi udara & paparan sinar matahari

Tingkat pencemaran udara atau polusi di kota-kota besar membuat banyak orang di dalam kesehariannya menggunakan masker dengan tujuan agar kesehatan paru-parunya tetap terjaga.

Selain itu penggunaan masker juga sekaligus bertujuan melindungi wajah dari paparan sinar matahari langsung.

3. Sedang flu atau batuk

Jika sedang mengalami flu atau batuk maka masker akan digunakan untuk menjaga agar orang lain tidak terlular.

4. Bermasalah dengan bau mulut

Seseorang yang sedang mengalami masalah bau mulut, agar komunikasi dengan orang lain tetap lancar, memakai masker juga efektif untuk mencegah masalah komunikasi yang disebabkan dari masalah bau mulut dengan lawan bicaranya.

5. Sensitif terhadap bau

Orang yang memiliki sensitifitas terhadap bau akan menggunakan masker untuk mengurangi sensitifitas penciumannya.

Hal ini biasanya dilakukan misal saat berada di pasar, atau di kerumunan misalkan saat berdesakan dengan penumpang lain di gerbong kereta saat pulang kerja di mana masker digunakan untuk menghindari bau keringat atau bau lainnya.

6. Tidak ingin wajahnya terlihat

Berbeda dengan minder atau tidak percaya diri pada poin pembahasan sebelumnya, memakai masker bisa juga di karenakan wajahnya tidak ingin dilihat misalkan ketika berada di keramaian seperti di terminal, di stasiun atau lokasi lainnya.

Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga privacy misalkan menghindari tindakan kejahatan atau menghindari tatapan pria hidung belang.

7. Untuk menutup mulut saat tidur

Saat naik kereta Commuter Line, Transjakarta, atau sarana angkutan umum lainnya dan ketika naik mendapatkan tempat duduk lalu selama perjalanan memutuskan untuk tidur, tentu selama tertidur jangan sampai mulut terbuka dan terlihat oleh orang lain.

Untuk mengatasinya maka masker dapat digunakan untuk menutup mulut yang terbuka saat tidur di perjalanan.

8. Sebagai kelengkapan fashion

Adanya masker yang bervariasi mulai dari bentuk, warna, atau masker berkarakter kartun tentu dapat menimbulkan keinginan orang untuk membeli dan menggunakan masker tersebut karena masker tersebut dianggap lucu.

Masker tersebut dapat menjadi bagian dari gaya hidup yang fashionable dan dapat manambah percaya diri penggunanya.

9. Malas melepas masker

Enggan melepas masker dalam kegiatan sehari-hari seperti contoh: dari rumah memesan ojek online untuk berangkat bekerja pada pagi hari. Ketika ojek online datang, sebelum naik ojek, masker dikenakan terlebih dahulu untuk dipakai selama perjalanan menuju kantor.

Sesampainya di terminal atau di stasiun masker tidak dilepas kemudian perjalanan ke kantor dilanjutkan menggunakan bis atau kereta Commuter Line sambil tetap menggunakan masker.

Atau contoh lain, dari rumah berangkat bekerja menuju stasiun menggunakan sepeda motor sambil menggunakan masker.

Sesampainya di stasiun, motor dititipkan di penitipan motor lalu perjalanan ke kantor dilanjutkan menggunakan kereta Commuter Line dan masker tetap digunakan tidak dilepas.

10. Menjaga diri dari penyakit

Masker juga digunakan untuk proteksi kesehatan dalam rangka mencegah penularan dan penyebaran penyakit.

Masker dipakai untuk menjaga dan melindungi diri dari paparan penyakit atau virus seperti virus flu (batuk/pilek) atau bahkan virus lainnya seperti virus Corona atau Covid-19 dan lainnya.

Kesimpulan

Dari beberapa poin di atas ternyata tiap orang memiliki berbagai macam alasan yang berbeda-beda dalam memakai masker sesuai tujuannya masing-masing dari mulai malas melepasnya sampai dengan alasan dari sisi kesehatan.


Dukung website Blog.hakameru.com ini dalam membuat artikel bermanfaat. Donasi dapat diberikan melalui scan QRIS di bawah ini. Terima kasih






Ayam geprek enak di Depok Awondis www.awondis.id

Jasa desain grafis online. Desain logo, desain kemasan, desain company profile compro, pembuatan tagline slogan. www.hakameru.com