Pekerjaan Desainer Grafis Apa akan Tergantikan oleh Artificial Intelligence (AI)?



Blog.hakameru.com – Saat ini saat artikel ini ditulis, dunia desain grafis sedang marak akan penggunaan AI (Artificial Intelligence) baik dalam bidang penulisan maupun pembuatan karya khususnya pembuatan gambar dengan AI.

Di satu sisi dengan hadirnya AI membuat pekerjaan menjadi lebih mudah sedangkan di sisi lain ada pekerjaan seseorang yang tergantikan salah satunya pekerjaan desain grafis.

Dengan cara user atau pengguna mengetikkan promt atau perintah berupa kalimat maka gambar dapat dihasilkan oleh AI. Apapun gambar yang diinginkan.

Apakah desainer grafis akan tergantikan pekerjaannya oleh AI Artificial intelligence – Blog.hakameru.com

Saat ini hasil gambar AI merupakan ancaman bagi para desainer grafis yang berfokus di bidang illustasi.

Apa kelebihan dan kekurangan gambar AI?

Kelebihan gambar AI adalah gambar yang dihasilkan lebih cepat namun kelemahannya adalah gambar AI tersebut bisa saja dimilki oleh orang lain jika menggunakan promt atau perintah yang sama baik 100% sama atau mirip.

Kelemahan lainnya adalah gambar hasil AI tersebut tidak unik alias tidak original buatan manusia (bukan produk handmade).

Satu lagi kelemahan gambar AI adalah gambar yang dihasilkan oleh mesin tersebut tidak 100% sama dengan yang diinginkan oleh otak manusia.

Sebagai contoh misal dalam bayangan yang ada di kepala menginginkan gambar yang sedemikian rupa lalu ketika diketikkan dalam promt ternyata hasil gambarnya tidak sama persis dengan yang dibayangkan walau AI menyediakan beberapa hasil gambar.

Kapan AI dapat menjadi ancaman bagi pekerjaan desainer grafis?

Jika apa yang dibayangkan di kepala lalu yang dihasilkan oleh AI 100% sama, saat itu mungkin adalah saatnya posisi desainer grafis terancam.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena pengembangan AI di tahap lanjut, penanaman chip di kepala manusia, atau adanya sensor ke otak manusia.

Terlebih jika gambar yang dihasilkan oleh AI tidak hanya bitmap tapi juga merambah ke bidang gambar vector.

Jika hal itu benar terjadi maka peperangan antara desainer grafis dan AI hanya dipisah oleh dua jenis karya yaitu antara “Gambar hasil buatan AI” dan “Gambar asli buatan manusia”.